ChatBox

Pages

Senin, 17 November 2014

Camp X-Ray (2014)


Halo! Balik lagi sama blog review yang agak ga genah ini. Semoga para pembaca yang baik hati ga bosen yah sama aku ;( (apa coba sik). Naaaaaah jadi kita bakal bahas apa hari ini? Yupiw bener banget, kita bakal bahas Camp X-Ray yang ada mbak Kristennya.

| Judul : Camp X-Ray
| Sutradara : Petter Sattler
| Tanggal Rilis: 17 January 2014
| Durasi : 117 menit

Based on the temporary detention facility Camp X-Ray at the Guantanamo Bay detention camp.

Film yang tidak dengan jelas memulai darimana, apa tujuan, dan mengapa mereka sampai ditempat tersebut. Atau mungkin hanya saya yang ingin mengetahui lebih lanjut mengapa dan asal muasal dari certita tersebut.

Jalan cerita yang menggambarkan bagaimana keadaan didalam ruang tahanan, memberikan kita dua sisi, 'korban' dan 'penjaga'. Tidak banyak yang bisa diceritakan, tetapi cukup menarik, memberikan banyak detail, namun apabila kita mencari apa yang didapat dari film tersebut dan untuk diceritakan kembali, mungkin hanya beberapa kalimat, kehidupan di tahanan. Oh, I did it. 1 kalimat.

Poin intinya adalah kebaradaan manusia di dalam dua poisi yang berbeda, yang satu menjadi penjaga, yang satu menjadi tahanan. Dimana tahanan disini (mungkin) menjadi seseorang yang tidak mengetahui smengapa mereka diletakan disana selama bertahun-tahun. Dan sang penjaga, harus menjadi setagas, sedingin, dan se-tidak-mau-bicara itu. Mungkin kita bisa melihat lebih jauh kepada sisi psikologis yang digunakan.

Yang menjadikan film ini agak susah diterima di negara Islam adalah mereka masih mengganggap dan menyeterotypekan bahwa Muslim-lah yang menjadi teroris, dan sebagainya (terutama orang Timur Tengah).

Kristen Steward mendalami perannya dengan baik, sama sekali bukan Kristen 'Twilight' yang kita kenal. Menjadi Kristen Steward yang benar-benar tidak menye-menye. Penasaran? 



Sumber: Camp X-Ray